Step by Step Membuat Virgin Coconut Oil (VCO)

13.52

Langsung saja ya.....

Awal tahun 2017 saat liburan di Sumatra, kakak saya mengenalkan Virgin Coconut Oil (VCO) sebagai skin care sekaligus penyempurna aplikasi make up nya saat bepergian



Katanya, VCO bagus untuk melembabkan, bikin glowing dan mencerahkan kulit wajah. Karena itu VCO selalu ada dalam sebagian besar produk skin care. VCO juga digunakan sebagai booster energy bagi tubuh, mengusir penyakit atau meningkatkan imunitas. 

Sejak itu, tiap  main di banjir atau air hujan, anak dan suami langsung saya kasi VCO satu-dua sendok makan dan alhamdulillah biidznillah jarang sekali mereka sakit----tentu saja di samping ikhtiar lainnya.

Dannnn ketika saya jalan-jalan ke grup yang membahas dunia perdiet-an, lagi-lagi si VCO ini masuk dalam dressing yang mesti ada bahkan list wajib konsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Saya belum tau sih teknisnya gimana karena seperti judul yang di entri, disini saya hanya akan sharing "step by step cara pembuatan VCO" melalui proses permentasi/ tanpa pemanasan. 

Setelah baca-baca dari berbagai referensi, saya simpulkan secara garis besar VCO punya dua tipe pengolahan. Pertama secara fermentasi dan kedua secara pemanasan dengan berbagai macam teknis pembuatannya. Ada yang bilang, proses terakhir ini mestinya disebut sebagai minyak kelapa dan minyak kelapa tak punya khasiat seperti VCO sesuai namanya yaitu Virgin Cocout Oil atau minyak kelapa murni. 

Sebelum mahir membuatnya, saya sarankan menggunakan santan yang sedikit dulu sebagai percobaan. 

Bahan dan alat yang dibutuhkan hanya :
- Kelapa yang sudah diparut (pastikan di olah di tempat yang bersih dan parutan benar-benar terpisah dari kulit tempurungnya)
-air mineral/ boleh air isi ulang
-plastik transparan
-saringan
-corong
-kapas wajah
-karet gelang
-wadah untuk VCO yang sudah dipanen

How to :
1. tuang air ke dalam kelapa parut dan peras menjadi santan
2. masukkan dalam kantongan plastik, ikat dan diamkan sekitar 2 jam sampai terpisah "kembali" air dengan santan
3. buang bagian air lewat salahsatu sudut yang dilobangin kecil
4. pindahkan lagi ke plastik yang baru, ikat, diamkan kuranglebih 10 jam.

akan terlihat seperti ini :



Akan terlihat tiga lapisan yang telah terpisah karena proses permentasi. Lapisan paling atas yang warnanya sebening air mineral itulah yang disebut VCO. 

Nah, keluarkan lapisan air seperti step yang pertama. Pastikan kita relaks karena kita gak menginginkan VCO yang berbau apek dan tak tahan lama hanya karena terlalu surprice hingga tangan gemetaran bikin semua lapisan tadi kecampur , hiks, itu saya.

Selanjutnya, ikat kembali lobang kecil untuk membuang lapisan air tadi. Trus buka karet di bagian atas dan tuang lah si VCO perlahan ke dalam corong yang di dalamnya sudah diisi dengan lapisan kapas wajah :



VCO saya turun setetes demi setetes. Mungkin teman-teman berinisiatif pakai kertas saring atau bagaimana untuk mempercepat proses penyaringan, silahkan saja. Yang penting setelahnya simpan di tempat sejuk dan kering dan hindarkan dari sinar matahari langsung. Semoga bermanfaaat.....

Ini VCO saya, punya kamu mana?